Rumus Menghitung Usia Kehamilan yang Tepat dan Akurat

Usia kehamilan yang dimiliki oleh Anda atau seorang ibu yang mengandung alangkah baiknya dilakukan perhitungan dengan tepat dan juga akurat. Hal tersebut dilakukan agar Anda dapat mempersiapkan persalinan yang baik. Menghitung usia kehamilan tersebut dapat menggunakan rumus. Berikut rumus menghitung usia kehamilan yang tepat dan akurat.

  1. Mengukur Tinggi Fundus

Cara pertama yang dapat digunakan untuk menghitung usia kehamilan adalah dengan mengukur tinggi fundus yang dimiliki oleh Anda yang sedang hamil. Metode pengukuran ini dapat dilakukan dengan menggunakan pita pengukut dan juga jari dari doketer atau bidan. Tinggi dari fundus akan ditentukan dari puncak rahim sampai ke tulang kemaluan.

Pada saat usia kehamilan Anda bertambah satu bulan, maka puncak rahim juga akan meningkat sebanyak 4 cm. Biasanya prediksi tersebut dihitung dari kondisi haid yang normal atau teratur. Misalnya saja pada saat pengukuran, dokter menemukan tinggi fundus yang 4 cm.

Maka usia kehamilan yang Anda miliki dpaat diperhitungkan dengan cara 28 hari ditambah 4 sehingga akan memperoleh hasil sebesar 33 hari. Hal tersebut merupakan usia kehamilan awal yang dimiliki oleh Anda saat ini.

  1. Prediksi dari Hari Hubungan Intim

Dokter juga dapat menentukan usia kehamilan yang dimiliki oleh Anda dengan menggunakan prediksi kapan hubungan intim tersebut terjadi. Penggunaan cara ini mengharuskan kedua pasangan untuk terbuka pada dokter. Hal tersebut tak maslaah dikarenakan dokter akan melakukan wawancara kepada pasangan.

Pada biasanya perkiraan dari konsepsi terjadi saat hari telah memasuki hari ke 11 dan 21 dari siklus haid yang normal. Hal tersbeutlah yang mengakibatkan dokter tahu berpaa usia kehamilan Anda saat ini.

  1. Menggunakan Rumus Neagele.

Cara ini dapat dilakukan oleh Anda sendiri di rumah. Namun, penggunaan cara ini harus membutuhkan beberapa data agar rumus menghitung usia kehamilan tersebut dapat digunakan. Data tersebut adalah HPHT yang merupajan salah satu data dengan artian Hari Terakhir Haid Terakhir. Jadi Anda harus mengetahui betul HPHT yang Anda miliki.

Penggunaan cara ini hanya dpaat digunakan untuk ibu hamil yang mempunyai siklus haid normal dan teratur. Bila Anda telag mengehaui HPHT yang Anda miliki makan dapat mengasumsikan data tersebut sebagai huruf x untuk tanggalnya, sedangkan untuk bulan dapat diasumsikan sebagai y, sedangkan pada tahun diasumsikan huruf z.

Bila bulan dari HPHT yang Anda miliki mempunyai angka yang lebih besar dari 3 maka Anda dapat menggunakan rumus (x + 7) – (y – 3) – (z + 1). Namun, bila HPHT yang dijalani oleh Anda ternyata kurang dari 3 makan dapat mengggunakan rumus ( x + 7) – (y + 9) – (z).

Demikian rumus menghitung usia kehamilan Anda dengan tepat dan juga akurat. Bila Anda masih kebingungan, maka dapat membuka laman orami.co.id untuk mengathui contoh menghitung usia kehamilan dengan akurat. Semoga bermanfaat.